Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menambah Sitemap Blog


Pengertian Sitemap
Sitemap adalah Informasi yang berisi mengenai URL-URL yang ada pada situs tersebut, seperti sebuah peta untuk search engine. bukan hanya URL saja yang ada pada sitemap, tetapi juga berisi metadata. metadata ini merupakan informasi mengenai kapan terakhir kali situs/blog di update, seberapa sering situs di update, dan kapan situs itu di update.

Kegunaan Sitemap
Kegunaan dari sitemap ini memberi informasi URL-URL sebuah situ yang dapat di jelajahi oleh robot search engine. robot-robot search engine ini akan mudah menemukan Url situs tersebut dan dengan cepat mengindeks seluruh url-url yang berada dari situs tersebut. Apabila Anda tidak menggunakan sitemap, robot search engine akan tetap bisa mengindeks situs anda tetapi membutuhkan waktu, karena robot search engine akan menjelajahi situs anda per halaman. Bayangkan apabila Anda memiliki puluhan artikel bahkan sampai retusan artikel, ini akan sangat sulit untuk robot search engine menjelajahi mengindeks situs anda.

Tips jika situs anda ingin di indeks oleh robot search engine dengan mudah menggunakan sitemap ini, didalam metadata di informasikan kapan saja waktu situs / blog di update usahakan blog anda di update pada waktu yang sama setiap harinya. cara ini cukup efektif agar blog anda lebih search engine friendly.

Masuk akun Google Webmaster Kamu.
Pilih Blog kamu ( Jika Blog Kamu Banyak)
Pilih Pengoptimalan
Pilih Peta Situs
Tambahkan Peta situs.

Penulisan Sitemap pada google webmaster tool diantaranya sebagai berikut :

1.http://url-blog.blogspot.com/atom.xml
2.http://url-blog.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Note: Jika jumlah postingan pada blog lebih dari 500 postingan, maka angka tersebut boleh di rubah menjadi 1000.
3.http://urlblog.blogspot.com/rss.xml
4.http://url-blog.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated
5.http://url-blog.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Sekian, Semoga Bermanfaat kawan.

8 komentar untuk "Menambah Sitemap Blog"